Berita Hari Ini – 2 Maret 2020

Berita 

Nasional dan Internasional 

  • Berita 1 – Menkes Respons PM Australia: Tanggapi Orang Ragu Ya Pusing

(https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200301164647-20-479518/menkes-respons-pm-australia-tanggapi-orang-ragu-ya-pusing)

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menanggapi santai pernyataan Perdana Menteri Australia Scott Morrison yang masih ragu tak ada kasus virus corona di Indonesia. Terawan menyebut justru pusing menanggapi orang yang ragu terhadap sesuatu. Terawan lalu menegaskan bahwa semua orang yang sempat diduga mengidap virus corona sudah dinyatakan negatif. Termasuk WNI yang baru saja dijemput dari luar negeri. Sebelumnya, Scott Morrison ragu tidak ada kasus virus corona di Indonesia. Dia mengatakan itu dalam sebuah wawancara dengan stasiun radio Australia, 3AW.

  • Berita 2 – Thailand Konfirmasi Kematian Pertama Akibat Virus Corona

(https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200301162255-106-479513/thailand-konfirmasi-kematian-pertama-akibat-virus-corona)

Kementerian Kesehatan atau (Kemenkes) Thailand melaporkan seorang pria berusia 35 tahun meninggal setelah terinfeksi virus corona, pada hari Minggu 1 Maret 2020. Juru bicara Kemenkes Thailand, dokter  Suwannachai Wattanayingcharoenchai mengatakan pria tersebut telah menderita demam berdarah sebelum dinyatakan positif virus corona. Sejauh ini, World Health Organization (WHO) mencatat ada 42 kasus virus corona yang terjadi di Thailand. 

  • Berita 3 – 68 WNI kru Diamond Princess Menuju Pulau Sebaru lewat Pelabuhan PLTU Indramayu

(https://nasional.kompas.com/read/2020/03/01/11490751/68-wni-kru-diamond-princess-menuju-pulau-sebaru-lewat-pelabuhan-pltu)

Sebanyak 68 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari kapal pesiar Diamond Princess di Yokohama, Jepang, akan menuju lokasi observasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Mereka dievakuasi dengan menaiki KRI dr Soeharso ke lokasi observasi di Pulau Sebaru Kecil. Rombongan WNI dijadwalkan tiba di Bandara Kertajati pada pukul 23.30 WIB. Setelah itu, mereka akan menuju PLTU Indramayu pada pukul 00.30 WIB untuk menuju Pulau Sebaru. 

  • Berita 4 – Muhyiddin Yassin Resmi Jadi Perdana Menteri Malaysia

(https://internasional.kompas.com/read/2020/03/01/11302951/muhyiddin-yassin-resmi-jadi-perdana-menteri-malaysia)

Pada hari Minggu, 1 Maret 2020, Tan Sri Muhyiddin Yassin, resmi diangkat menjadi Perdana Menteri Malaysia yang kedelapan. Muhyiddin merupakan Pimpinan dari Partai Bersatu. Pada kesempatan sebelumnya, Mahathir Mohammad secara terbuka menyebut Muhyiddin sebagai pengkhianat dan pecundang. Mahathir sempat diajak olehnya untuk berkoalisi dengan Partai Islam Se-Malaysia (PAS) dan partai  United Malays National Organisation (UMNO), partai yang dulu mendukung Mahathir.

  • Berita 5 – Total 42 Orang Tewas Dari Kerusuhan di INdonesia 

(https://internasional.kompas.com/read/2020/03/01/17594401/kerusuhan-india-mereda-korban-tewas-capai-42-orang)

Beberapa waktu lalu kota Delhi, India mengalami kerusuhan yang dipicu oleh sentimen agama. Laporan terbaru menyebutkan korban tewas sudah mencapai 42 orang pada hari Sabtu, 29 Februari 2020. Kekerasan yang merebak di Delhi disebut akibat kontroversi UU Kewarganegaraan India. Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan bahwa dia hanya berusaha memberikan amnesti kepada minoritas yang dianiaya melalui UU tersebut. Namun, para kritikus meyakini bahwa UU Kewarganegaraan India adalah bagian dari upaya kelompok Partai Nasionalis Hindu Bharatiya Janata (BJP) untuk menyudutkan komunitas Islam.

  • Berita 6 – Permintaan SIM Tinggi, Arab Saudi Buka Lowongan Instruktur Perempuan Besar-besaran

(https://internasional.kompas.com/read/2020/03/01/17472931/permintaan-sim-tinggi-saudi-buka-lowongan-instruktur-wanita-besar)

Sekolah Menyetir Saysed di kota Taif mengumumkan lowongan kerja untuk perempuan sebagai instruktur menyetir. Di dalam pengumuman itu dikatakan sebanyak lebih dari 10 ribu perempuan  mengajukan permohonan Surat Ijin Mengemudi (SIM). Sejauh ini sudah ada lebih dari 500 wanita di Arab Saudi yang lulus dari kursus mengemudi dan mendapatkan lisensi. Arab Saudi telah mengizinkan warganya dari kalangan perempuan untuk mengemudikan mobil sejak 24 Juni 2018. Sejak aturan itu diberlakukan, banyak wanita di Arab Saudi ingin belajar menyetir mobil.

  • Berita 7 – Donald Trump Siap Bantu Iran Hadapi Wabah Virus Corona

(https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200301091240-134-479436/trump-siap-bantu-iran-hadapi-penyebaran-virus-corona)

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan siap membantu Iran untuk mengatasi wabah virus corona. Mereka bersedia membantu jika Iran meminta bantuan. Departemen Luar Negeri Amerika Serikat secara resmi mengatakan kepada Iran tentang kesediaan Amerika Serikat untuk membantu.  Namun, Amerika Serikat tak menyebut bantuan apa yang akan diberikan. Pesan bantuan Trump ini dikirim melalui Swiss, yang mewakili kepentingan Amerika Serikat di Iran. Seperti diketahui, Amerika Serikat tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Iran sejak tahun 1980. Pada hari Sabtu 29 Februari 2020, dilaporkan terdapat sembilan kasus virus corona baru di Iran. Terdapat 43 orang juga dinyatakan tewas akibat virus corona di Iran.

Ekonomi dan Bisnis

  • Berita 1 – Cukai Minuman Berpemanis Berpotensi Meningkatkan Harga Jual Minuman

(https://www.cnbcindonesia.com/market/20200301110957-17-141508/minuman-berpemanis-kena-cukai-siap-siap-harga-naik-2-17)

Kebijakan pemerintah untuk mengenai pajak cukai minuman berpemanis berpotensi membuat harga minuman ringan naik sekitar 2%-17%. Disebutkan, produsen minuman berpemanis  yang memiliki target pasar kelas menengah-bawah akan terkena dampak lebih besar dari kebijakan ini, seperti Unilever, Mayora, dan Indofood CBP Sukses Makmur. 

  • Berita 2 – Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dihentikan Sementara

(https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200229194426-92-479388/pr(oyek-kereta-cepat-jakarta-bandung-dihentikan-sementara)

Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memerintahkan pemberhentian sementara proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Pemberhentian ini akan efektif mulai pada 2 Maret 2020 dan berlaku selama dua minggu ke depan. Kementerian PUPR mengonfirmasi pemberhentian tersebut. Alasannya, hasil pengamatan Komite Keselamatan Konstruksi (K3) PUPR menyatakan sistem manajemen konstruksi tidak aman dilanjutkan sehingga akan mengancam keamanan pekerja di lokasi. 

  • Berita 3 – Negara Terima Rp 6,48 T dari Lelang Barang Sitaan Lima Tahun Terakhir

(https://katadata.co.id/berita/2020/02/28/negara-terima-rp-648-t-dari-lelang-barang-sitaan-lima-tahun-terakhir)

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat negara memperoleh pemasukan sebesar Rp 6,48 triliun dari transaksi lelang pemerintah periode 2015-2019. Penerimaan tersebut berasal dari nilai pokok transaksi lelang sebesar Rp 85,9 triliun dengan frekuensi penyelenggaraan lelang sebanyak 282.441 kali. DJKN Kemenkeu menjelaskan lelang barang dalam periode lima tahun terakhir tersebut kebanyakan terdiri dari barang-barang rampasan negara oleh KPK, Kejaksan, serta barang-barang sitaan Panitia Urusan Piutang Negara, Pajak, atau Bea Cukai. Kebanyakkan jenis barang yang dilelang adalah kendaraan bermotor.

  • Berita 4 – Pertumbuhan Kredit Bank Hanya 5,7% pada Januari

(https://katadata.co.id/berita/2020/02/28/pertumbuhan-kredit-bank-makin-menciut-hanya-57-pada-januari)

Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan kredit perbankan semakin mengecil. Total kredit perbankan per Januari 2020 tercatat hanya tumbuh 5,7% secara tahunan. Ini lebih rendah dibandingkan posisi kredit perbankan pada bulan Desember yang tumbuh 5,9% secara tahunan.

Di sisi lain, kredit kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) justru mengalami peningkatan dari 7,7% menjadi 8,2%. Sumber pertumbuhan berasal dari seluruh jenis skala usaha.

  • Berita 5 – Modal Asing Sebesar Rp 30 T Keluar Dari Indonesia Selama Wabah Virus Corona

(https://katadata.co.id/berita/2020/02/28/bi-catat-modal-asing-lari-dari-ri-rp-30-t-selama-mewabahnya-corona)

Bank Indonesia (BI) mencatat terjadi aliran modal asing keluar atau nett outflow sebesar Rp 30,8 triliun dari pasar keuangan Indonesia sepanjang Februari, seiring dengan mewabahnya virus corona di dunia. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan bahwa pasar keuangan global memang sedang meradang saat ini. Dia menjelaskan investor global dalam kondisi ini memiliki kecenderungan melepas investasi portofolio. Kejadian ini tak terjadi di Indonesia saja, namun di berbagai negara seperti Korea Selatan, Thailand, Malaysia, dan Singapura.

  • Berita 6 – Luhut Sebut Starbucks Tertarik Investasi Hijau di Papua

(https://katadata.co.id/berita/2020/02/28/luhut-sebut-starbucks-tertarik-investasi-hijau-di-papua)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Starbucks berminat menanam modal pada sektor investasi hijau di Papua. Rencana tersebut telah direalisasikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Namun, Luhut tidak menyebutkan berapa nilai yang akan ditanamkan Starbucks di Papua. Perusahaan itu disebutkan berencana investasi di Papua dan Papua Barat. Investasi tersebut antara lain untuk pengembangan produk-produk lokal seperti kopi dan kakao.

Hiburan dan Teknologi

  • Berita 1 – Staf Positif Virus Corona, Penyanyi Kim Chung Ha Karantina Diri Sendiri

(https://m.cnnindonesia.com/hiburan/20200301123237-234-479475/staf-positif-corona-penyanyi-chungha-karantina-diri-sendiri)

Penyanyi perempuan asal Korea Selatan, Kim Chung Ha atau dikenal sebagai Chungha, dilaporkan mengarantina diri sendiri setelah salah satu stafnya dinyatakan positif virus corona. Chung ha dikabarkan baru kembali dari Italia, pada 24 Februari 2020 lalu. Chungha memutuskan mengisolasi diri sendiri meski hasil tesnya menyatakan dia negatif virus corona. Chungha terpaksa membatalkan seluruh agendanya selama masa karantina berjalan atau sekitar 14 hari ke depan.

  • Berita 2 – Skandal Korupsi Najib Razak Akan Diulas Dokumenter Netflix

(https://m.cnnindonesia.com/hiburan/20200229153725-220-479330/skandal-korupsi-najib-razak-bakal-diulas-dokumenter-netflix)

Skandal korupsi mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, akan diulas dalam salah satu episode serial dokumenter besutan Netflix, yakni Dirty Money. Dokumenter tersebut juga bakal menyertakan istri Najib, yakni Rosmah Mansor. Episode skandal korupsi Najib Razak akan muncul pada musim kedua seri Dirty Money. Seperti diketahui, Najib saat ini sedang menjalani persidangan untuk dugaan korupsi dan juga pencucian uang yang melibatkan dana investasi dari perusahaan 1 Malaysia Development Berhad (1MDB). 

  • Berita 3 – The Invisible Man Ditargetkan Raup Pendapatan Hingga US$30 juta

(https://m.cnnindonesia.com/hiburan/20200229195419-220-479390/the-invisible-man-ditargetkan-raup-hingga-us-30-juta)

Film horor The Invisible Man garapan sutradara Leigh Whannell berhasil menembus box office. Pada pemutaran Jumat, 28 Februari 2020 lalu, film tersebut berhasil meraup pendapatan sebesar sembilan koma sembilan juta dolar Amerika Serikat. Padahal, The Invisible Man dibuat dengan modal tak lebih dari tujuh juta dolar Amerika Serikat. Studio Universal memproyeksikan pada pemutaran akhir pekan perdana, The Invisible Man akan mampu meraih  pendapatan di kisaran dua puluh juta dolar Amerika Serikat hingga tiga puluh juta dolar Amerika Serikat. 

  • Berita 4 – Ledakan Terbesar di Alam Semesta Terdeteksi

(https://m.detik.com/inet/science/d-4920320/ngeri-ledakan-terbesar-di-alam-semesta-terdeteksi)

Ilmuwan mendeteksi ada ledakan kolosal di luar angkasa. Ledakan tersebut lima kali lebih besar dibanding ledakan apapun sebelumnya di alam semesta. Ledakan itu berasal dari lubang hitam super masif, berjarak 390 juta tahun cahaya dari Bumi. Simona Giacintucci dari Naval Research Laboratory menyebut ledakan ini mirip seperti letusan gunung St Helena pada tahun 1980. Peristiwa ini bahkan meninggalkan jejak besar di klaster galaksi Ophiuchus. Hingga saat ini, ilmuwan belum mendapat penjelasan kenapa ledakan itu begitu dahsyat.

  • Berita 5 – Apple Bagikan iPad Untuk Pegawai Yang Terdampak Virus Corona

(https://m.detik.com/inet/cyberlife/d-4920552/apple-bagikan-ipad-untuk-pegawai-terdampak-corona)

Wabah virus corona memaksa sejumlah pegawai Apple di China untuk terus tinggal di rumahnya agar mencegah penularan. Untuk meringankan beban mereka, Apple pun mengirimkan sebuah parsel berisi iPad kepada beberapa pegawainya yang terjebak di Kota Wenzhou dan Provinsi Hubei, China. Parsel tersebut berisi hand sanitizer, termometer, masker, tisu basah, cemilan, iPad 10.2 inch terbaru dan lain-lain. Bersama parsel tersebut juga ditemukan surat dari Apple yang menjelaskan bahwa iPad yang diberikan bertujuan untuk membantu anak-anak mereka belajar selagi terperangkap di dalam rumah.

  • Berita 6 – Jakarta dan Ibu Kota Baru Akan Jadi Pusat Data Nasional

(https://www.liputan6.com/news/read/4190406/jakarta-dan-ibu-kota-baru-akan-jadi-pusat-data-nasional)

Saat ini, pemerintah tengah mempersiapkan Pusat Data Nasional. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerrard Plate menyebut, pemerintah membidik Jakarta dan ibu kota baru di Kalimantan Timur sebagai lokasi pusat data nasional. Rencananya, pemerintah membangun pusat data nasional mulai tahun 2020 dan ditargetkan selesai pada tahun 2024. Pemerintah akan fokus konsolidasi aplikasi dan data standardisasi, pelelangan proyek, penyediaan lahan dan pembiayaan pada tahun 2020. Pemerintah juga mengklaim ada beberapa investor yang ingin berinvestasi soal data di Indonesia, seperti Alibaba, Microsoft, dan Amazon.