Hoaks atau Fakta – Jackie Chan Dikabarkan Telah Masuk Islam

Sebuah kabar soal Jackie Chan telah resmi masuk Islam beredar di media sosial. Kabar tersebut disampaikan dalam bentuk artikel. Dalam sebuah artikel di Berita-post.com itu berjudul “Alhamdulillah Akhirnya Aktor Laga yang Terkenal Jackie Chan Sudah Resmi Memeluk Agama Islam” mengabarkan bahwa Jackie Chan telah masuk Islam. 

Artikel tersebut juga memuat foto Jackie Chan menggunakan setelah jas dan peci hitam. Dilaporkan, artikel ini telah dibagikan oleh akun Facebook bernama Asdar Gawa pada hari Selasa 11 Februari 2020. 

Informasi pada berita tersebut adalah keliru. 

Foto Jackie Chan yang mengenakan peci hitam dalam artikel di Berita-post.com juga pernah diunggah oleh mantan menteri Malaysia, Tengku Adnan Tengku Mansor, di akun Twitter-nya, @TengkuAdnanReal, pada tanggal 2 Februari 2015. Dalam unggahannya, Tengku Adnan menulis, “Dua ikon WP Ustaz Khazim dan Jackie Chan saya bersama Ustaz Khazim tahniah tan sri zul WILAYAHKU CERIA.”

Artikel yang dimuat oleh situs media Malaysia, The Star, berjudul “It’s no stunt-HK superstar is now Datuk Jackie Chan” memberitakan pemberian gelar Datuk kepada Jackie Chan oleh pemerintah Malaysia pada hari peringatan Federal Territory. Berita ini juga dimuat pada 2 Februari 2015.

Saat pemberian gelar, Jackie Chan mengenakan peci hitam dan setelan jas. Iajuga didampingi oleh Ustaz Khazim yang namanya disebut pada unggahan mantan menteri Malaysia.

Selain The Star, sejumlah situs media Indonesia juga memberitakan penganugerahan gelar datuk kepada Jackie Chan. Tempo misalnya, memuat berita tersebut pada 3 Februari 2015 dengan judul “Bergelar Datuk Malaysia, Jackie Chan Pakai Peci”. Gelar datuk yang diterima Jackie Chan adalah Panglima Mahkota Wilayah.

Kesimpulan

Kabar tentang Jackie Chan masuk Islam yang dimuat pada artikel di Berita-post.com berjudul “Alhamdulillah Akhirnya Aktor Laga yang Terkenal Jackie Chan Sudah Resmi Memeluk Agama Islam” adalah informasi keliru. 

Jackie Chan mengenakan peci hitam dan setelan jas untuk menghadiri acara pemberian gelar Datuk oleh pemerintah Malaysia pada tahun 2015. Informasi hoaks ini telah dikonfirmasi oleh beberapa media, seperti Tempo, Liputan6, dan Suara. 

Sumber