Hoaks atau Fakta – Sebuah Video Berisi Beberapa Orang Kejang-Kejang Disebut Kumpulan Orang Yang Terinfeksi Virus Corona

Sebuah video berisi kumpulan orang yang kejang-kejang beredar di media sosial. Orang-orang tersebut terlihat kejang-kejang di dalam sebuah lapangan besar. Terdapat sejumlah orang yang menggunakan jas putih di antara orang-orang yang kejang-kejang.  Video ini disebarkan oleh akun Facebook bernama Ahriel96 pada 29 Januari 2020. Akun ini menambahkan sebuah narasi dalam video tersebut. 

“Ngeri Sangat lah virus corona??,” tulis akun Facebook Ahriel96.

Sebuah akun Facebook bernama Bang Andi juga mengunggah video yang sama pada 29 Januari 2020. Akun tersebut juga menambah narasi dalam video itu. 

“Takut melihatnya semua pada kena coronavirus???,” tulis akun Facebook Bang Andi.

Berita tersebut adalah hoaks

Di sudut video yang diunggah akun Facebook Bang Andi, terdapat tulisan tiktok dan nama akun @damiangelsenhuys. Setelah ditelusuri ternyata video itu berasal dari akun tiktok @damiangelsenhyus.

Saat dihubungi, Andrew Geldenhuys, ayah dari pemilik akun @damiangelsenhyus, menyebut bahwa video tersebut memang diunggah oleh anaknya. Namun, orang-orang yang terdapat dalam video tersebut tidak ada kaitannya dengan virus corona. 

Ia mengatakan, rekaman video tersebut menunjukkan semacam inisiasi di sebuah sekolah yang bernama Bomskok. Bomskok merupakan aksi pura-pura berada di tengah-tengah bom yang meledak atau gempa bumi sehingga mereka harus mengguncang tubuh. 

Andrew Geldenhuys menambahkan, video itu diambil pada 28 Januari 2020 di sekolah anaknya yang terletak di Provinsi Gauteng, Afrika. Informasi hoaks ini sudah dikonfirmasi oleh beberapa media, seperti Liputan6, Suara, dan Tempo. 

Sumber