Hoaks atau Fakta – WHO Serukan Dunia Isolasi China karena Darurat Virus Corona

Situs eramuslim.com memuat sebuah artikel berjudul “Darurat Corona, WHO Serukan Dunia Isolasi Cina”. Artikel tersebut menjelaskan bahwa World Health Organization atau yang biasa disebut WHO menyerukan negara-negara di dunia untuk mengisolasi China dengan tidak membiarkan warganya melakukan perjalanan ke China. Eramuslim.com menuliskan bahwa pernyataan tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. 

Kabar tersebut adalah hoaks

Situs berita eramuslim.com menulis bahwa Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta, semua negara tidak membiarkan warganya melakukan perjalanan ke China, termasuk untuk urusan dagang.

Eramuslim.com mengeklaim bahwa pernyataan Tedros dikutip dari situs reuters.com. Namun situs reuters tidak memuat pernyataan Tedros yang dimuat situs eramuslim.com.

Dalam berita reuters berjudul “WHO declares China virus outbreak an international emergency”, Tedros mengatakan “Let me be clear, this declaration is not a vote of no confidence in China, Our greatest concern is the potential for the virus to spread to countries with weaker health systems,” he said.

Dalam pernyataan di Reuters, WHO tidak merekomendasikan adanya pembatasan perjalanan ataupun perdagangan dengan China. WHO tidak pernah menyerukan negara untuk membatasi akses perjalanan ke China. Kabar hoaks ini telah dikonfirmasi oleh beberapa media, seperti Liputan6, Antaranews, Detik, dan Tempo. 

Sumber