Jackie Chan Diisukan Dikarantina Karena Virus Corona, Hoaks atau Fakta?

Berita

Beredar sebuah kabar di media sosial yang menyebut Jackie Chan terpapar virus corona hingga harus dikarantina. 

Kabar ini berdasarkan sebuah video yang berisi tentang sebuah acara kepolisian Hong Kong. Sejumlah artis disebut hadir pada acara tersebut, seperti Eric Tsang, Alan Tam, dan Jackie Chan. 

Pada 21 Februari 2020, Kepolisian Hong Kong mengkonfirmasi bahwa ada 59 petugas yang dikarantina setelah menghadiri sebuah acara perpisahan polisi yang pensiun. Seseorang berusia 48 tahun disebut positif tertular virus corona. 

Disebutkan bahwa acara perpisahan pensiun tersebut yang dihadiri oleh Jackie Chan pada video tersebut. Banyak yang berspekulasi kalau Jackie Chan sudah dikarantina. 

Penjelasan

Kabar tersebut adalah keliru.

Isu yang menyebut Jackie Chan dikarantina karena menghadiri acara kepolisian berdasarkan sebuah video adalah informasi keliru. Dilaporkan, Jackie Chan tidak menghadiri acara perpisahan polisi yang pensiun. Ia menghadiri acara kepolisian lainnya. 

Acara perpisahan pensiun polisi tersebut diadakaan di  restoran makanan laut dan bebek panggang di kawasan barat. Sedangkan acara yang dihadiri Jackie Chan berada di Yau Yat Chuen Garden City Club di Kowloon.

Para polisi yang terinfeksi tersebut menghadiri acara perpisahan polisi yang pensiun yang digelar di restoran makanan laut dan bebek panggang di kawasan barat.

Jackie Chan sendiri sudah mengkonfirmasi keadaannya saat ini melalui media sosial. Di akun instagramnya @jackiechan ia menyampaikan terima kasih kepada perhatian semua orang dan mengatakan kondisinya sehat dan aman, dan juga tidak dikarantina. Berikut pernyataan Jackie Chan di akun media sosialnya 

“Thanks for everybody’s concern! I’m safe and sound, and very healthy. Please don’t worry, I’m not in quarantine. I hope everyone stays safe and healthy too!”

Kesimpulan 

Informasi tentang Jackie Chan yang tertular virus corona dan sudah dikarantina adalah berita hoaks. Pada kenyataannya, acara yang dihadiri oleh Jackie Chan berbeda dengan acara yang dihadiri oleh beberapa polisi yang terinfeksi oleh virus corona. Informasi ini telah dikonfirmasi oleh beberapa media, seperti Liputan6, Suara, Kompas, dan Detik. 

Sumber